STRATEGI DAN PROGRAM KERJA
Strategis yang akan dicapai Program Studi Magister PSDA dalam rentang waktu lima tahun ke depan untuk mencapai daya saing nasional dan internasional.
Program | Kegiatan |
Menghasilkan lulusan magister pengelolaan sumber daya alam yang berperan aktif dan profesional dalam pengelolaan sumber daya lahan, pengelolaan sumber daya perairan, serta pengelolaan ekowisata. | |
Peningkatan kualitas dan kuantitas calon mahasiswa (Sepanjang Tahun) | Promosi Prodi; Kerjasama dengan stakeholders dalam seleksi (calon) mahasiswa berprestasi dan penyediaan beasiswa. Dilakukan sepanjang tahun dan diharapkan dalam waktu 2 tahun sudah mendapatkan kerja sama (MOU) dengan kegiatan lanjutannya sebanyak 8 kegiatan. |
Peningkatan proses belajar-mengajar (PBM) dan kualitas lulusan (Sepanjang Tahun) | Penyusunan, pelaksanaan dan monev kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan kebutuhan pasar; Penyusunan, implementasi, dan monev rencana pembelajaran dan bahan ajar berbasis riset; Pendampingan dan bimbingan dosen dalam aktifitas akademik dan non akademik; seminar, simposium, atau forum ilmiah lainnya baik regional maupun nasional secara periodik dalam kalender akademik; evaluasi PBM dan tindak lanjutnya; forum diskusi secara berkala antara dosen dan mahasiswa; Penyusunan standard kesesuaian kompetensi dosen pembimbing dengan tema tugas akhir serta evaluasinya; Implementasi berbagai metode pembelajaran berbasis experiental learning,student centered learning, atau e-learning; Keikutsertaan mahasiswa dalam Pendidikan dan Pelatihan non Gelar terkait peminatan; Kerjasama dengan stakeholders dalam PBM maupun upaya penyerapan lulusan. Sudah dapat dilaksanakan pada tahun pertama setelah ijin prodi disetujui. |
Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Dosen (Sepanjang Tahun) | Fasilitasi dosen dalam penelitian, seminar/forum akademik nasional dan internasional, pendidikan-pelatihan, atau program pengembangan kompetensi dosen lainnya; Mapping kebutuhan dan perencanaan pengembangan dosen; Penambahan dosen tetap atau tidak tetap (sesuai kebutuhan dan standard yang telah ditentukan); Pendampingan pengurusan kepangkatan dosen; Monev kinerja dosen; Implementasi sistem reward dan punishment terhadap kinerja dosen. Sudah dapat dilaksanakan pada tahun pertama setelah ijin prodi disetujui. |
Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Layanan Akademik dan Non-Akademik menuju pelayanan prima (service excelent). (Sepanjang Tahun) | Fasilitasi tenaga kependidikan dalam pendidikan dan pelatihan nasional atau forum pengembangan kompetensi SDM lainnya; Mapping kebutuhan dan perencanaan pengembangan tenaga kependidikan; Penambahan tenaga kependidikan tetap atau kontrak (sesuai kebutuhan dan standard yang telah ditentukan); Monev kinerja kependidikan; Implementasi sistem reward dan punishment terhadap kinerja tenaga kependidikan; penyediaan sistem informasi akademik dan layanan kemahasiswaan. Sudah dapat dilaksanakan pada tahun pertama setelah ijin prodi disetujui. |
Pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran (Sepanjang Tahun) | Penyediaan ruang kuliah dan seminar khusus prodi, alat pembelajaran (modul dan software) dan sarana prasarana penunjang lainnya yang sesuai kebutuhan, buku dan jurnal (baik dalam bentuk hardcopy maupun elektronik); Kerjasama dengan stakeholders dalam penyediaan ‘laboratorium masyarakat’ atau sarana pembelajaran di lapangan (field study); penyediaan sarana-prasarana pembelajaran berbasis teknologi, informasi dan komunikasi. Sudah dapat dilaksanakan pada tahun pertama setelah ijin prodi disetujui. |
Menghasilkan produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pengelolaan sumber daya alam yang berkontribusi bagi pembangunan daerah maupun nasional. | |
Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat – baik oleh dosen maupun mahasiswa, serta perluasan jaringan kerja sama institusi (Sepanjang Tahunbn) | Fasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, publikasi artikel ilmiah, dan pengurusan HAKI; penyediaan data, pustaka dan software pendukung penelitian bidang pengelolaan sumber daya alam; pelatihan penulisan proposal untuk akses dana penelitian hingga penulisan artikel ilmiah yang dapat diterbitkan di jurnal terakreditasi nasional dan internasional; fasilitasi dosen dan mahasiswa bergabung dalam assosiasi profesi terkait pengelolaan sumber daya alam dan melakukan aktifitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama; perluasan dan penguatan kerjasama dengan stakeholders. Sudah dapat terwujud pada tahun ke-2 (dua) setelah prodi beroperasi. |
Penguatan Pusat Kajian yang dimiliki Fakultas Pertanian, LPPM dan Universitas (Sepanjang Tahun) | Promosi lembaga dan produk-produknya kepada stakeholders; Pelaksanaan kegiatan penelitian bersama dosen-mahasiswa; Perluasan dan penguatan kerjasama pusat kajian dengan stakeholders. Sudah dapat terwujud pada tahun ke-2 (dua) setelah prodi beroperasi. |