Strategi dan Program Kerja

STRATEGI DAN PROGRAM KERJA

      Strategis yang akan dicapai Program Studi Magister PSDA dalam rentang waktu lima tahun ke depan untuk mencapai daya saing nasional dan internasional.

Program Kegiatan
Menghasilkan lulusan magister pengelolaan sumber daya alam yang berperan aktif dan profesional dalam pengelolaan sumber daya lahan, pengelolaan sumber daya perairan, serta pengelolaan ekowisata.
Peningkatan kualitas dan kuantitas calon mahasiswa (Sepanjang Tahun) Promosi Prodi; Kerjasama dengan stakeholders dalam seleksi (calon) mahasiswa berprestasi dan penyediaan beasiswa.  Dilakukan sepanjang tahun dan diharapkan dalam waktu 2 tahun sudah mendapatkan kerja sama (MOU) dengan kegiatan lanjutannya sebanyak 8 kegiatan.
Peningkatan proses belajar-mengajar (PBM) dan kualitas lulusan (Sepanjang Tahun) Penyusunan, pelaksanaan dan monev kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)  dan kebutuhan pasar; Penyusunan, implementasi, dan monev rencana pembelajaran dan bahan ajar berbasis riset; Pendampingan dan bimbingan dosen dalam aktifitas akademik dan non akademik; seminar, simposium, atau forum ilmiah lainnya baik regional maupun nasional secara periodik dalam kalender akademik; evaluasi PBM dan tindak lanjutnya; forum diskusi secara berkala antara dosen dan mahasiswa; Penyusunan standard kesesuaian kompetensi dosen pembimbing dengan tema tugas akhir serta evaluasinya; Implementasi berbagai metode pembelajaran berbasis experiental learning,student centered learning, atau e-learning; Keikutsertaan mahasiswa dalam Pendidikan dan Pelatihan non Gelar terkait peminatan; Kerjasama dengan stakeholders dalam PBM maupun upaya penyerapan lulusan. Sudah dapat dilaksanakan pada tahun pertama setelah ijin prodi disetujui.
Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Dosen (Sepanjang Tahun) Fasilitasi dosen dalam penelitian, seminar/forum akademik nasional dan internasional, pendidikan-pelatihan, atau program pengembangan kompetensi dosen lainnya; Mapping kebutuhan dan perencanaan pengembangan dosen; Penambahan dosen tetap atau tidak tetap (sesuai kebutuhan dan standard yang telah ditentukan); Pendampingan pengurusan kepangkatan dosen; Monev kinerja dosen; Implementasi sistem reward dan punishment terhadap kinerja dosen.   Sudah dapat dilaksanakan pada tahun pertama setelah ijin prodi disetujui.
Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Layanan Akademik dan Non-Akademik menuju pelayanan prima (service excelent). (Sepanjang Tahun) Fasilitasi tenaga kependidikan dalam pendidikan dan pelatihan nasional atau forum pengembangan kompetensi SDM lainnya; Mapping kebutuhan dan perencanaan pengembangan tenaga kependidikan; Penambahan tenaga kependidikan tetap atau kontrak (sesuai kebutuhan dan standard yang telah ditentukan); Monev kinerja kependidikan; Implementasi sistem reward dan punishment terhadap kinerja tenaga kependidikan; penyediaan sistem informasi akademik dan layanan kemahasiswaan.   Sudah dapat dilaksanakan pada tahun pertama setelah ijin prodi disetujui.
Pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran (Sepanjang Tahun) Penyediaan ruang kuliah dan seminar khusus prodi, alat pembelajaran (modul dan software) dan sarana prasarana penunjang lainnya yang sesuai kebutuhan, buku dan jurnal (baik dalam bentuk hardcopy maupun elektronik); Kerjasama dengan stakeholders dalam penyediaan ‘laboratorium masyarakat’ atau sarana pembelajaran di lapangan (field study); penyediaan sarana-prasarana pembelajaran berbasis teknologi, informasi dan komunikasi.  Sudah dapat dilaksanakan pada tahun pertama setelah ijin prodi disetujui.
Menghasilkan produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pengelolaan sumber daya alam yang berkontribusi bagi pembangunan daerah maupun nasional.
Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat – baik oleh dosen maupun mahasiswa, serta perluasan jaringan kerja sama institusi (Sepanjang Tahunbn) Fasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, publikasi artikel ilmiah, dan pengurusan HAKI; penyediaan data, pustaka dan software pendukung penelitian bidang pengelolaan sumber daya alam; pelatihan penulisan proposal untuk akses dana penelitian hingga penulisan artikel ilmiah yang dapat diterbitkan di jurnal terakreditasi nasional dan internasional; fasilitasi dosen dan mahasiswa bergabung dalam assosiasi profesi terkait pengelolaan sumber daya alam dan melakukan aktifitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama; perluasan dan penguatan kerjasama dengan stakeholders. Sudah dapat terwujud pada tahun ke-2 (dua) setelah prodi beroperasi.
Penguatan Pusat Kajian yang dimiliki Fakultas Pertanian, LPPM dan Universitas (Sepanjang Tahun) Promosi lembaga dan produk-produknya kepada stakeholders; Pelaksanaan kegiatan penelitian bersama dosen-mahasiswa; Perluasan dan penguatan kerjasama pusat kajian dengan stakeholders.   Sudah dapat terwujud pada tahun ke-2 (dua) setelah prodi beroperasi.

Pin It on Pinterest